Blog berisikan berita dan informasi menarik tentang bisnis, kesehatan, kuliner, lifestyle, fashion, teknologi, properti, traveling

Senin, 25 Februari 2019

Cara Mudah Bedakan Spare Part Motor Yamaha Asli dan KW


Yamaha memang salah satu vendor motor terbaik yang ada di Indonesia, dan bahkan di dunia. Akhir akhir ini juga Yamaha mengeluarkan gebrakan baru yaitu Maxi Yamaha. Oleh sebab itu, tak heran bila banyak oknum nakal yang berbuat curang dengan menjual spare part motor Yamaha aspal. Kalau sudah begini, sebagai konsumen tentunya Anda akan sangat dirugikan, kan? Nah, untuk mencegahnya, ini tips temukan suku cadang yang aslinya!


1. Keterangan pada Pembungkus
Untuk mengetahui apakah suku cadang motor Yamaha yang akan Anda beli adalah yang asli atau tidak, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat keterangan yang ada pada pembungkus suku cadang tersebut. Pada suku cadang yang asli, Anda bisa menemukan keterangan berupa kode jual atau jenis motor yang bisa digunakan dengan suku cadang itu.

Keterangan ini bisa dipastikan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, bila Anda menemukan yang berbahasa Indonesia, dapat dipastikan itu barang palsu. Kode jual ini biasanya berupa angka dan huruf dengan keterangan tahun dan kode olah pabrik. Sedangkan pada barang palsu, biasanya langsung menyebutkan model motornya, bukan kode seperti ini.

2. Penulisan Kalimat ‘Diedarkan Oleh’
Selain itu, Anda juga bisa mewaspadai penulisan kalimat ‘Diedarkan Oleh’ yang ada dalam pembungkus barang tersebut. Tulisan ini biasanya untuk suku cadang asli ditulis sendiri. Jadi, tidak digabungkan dengan keterangan pengedar barang apalagi tidak ada jarang sama sekali.

3. Cara Penulisan pada Jumlah Unit Barang
Selain itu, untuk mengetahui apakah spare part motor Yamaha asli atau palsu, Anda bisa lihat dari cara penulisan jumlah unit barangnya. Untuk yang asli, biasanya ditulis keterangan 1 PC dengan menggunakan spasi pada huruf dan angkanya. Sedangkan pada suku cadang palsu, biasanya ditulis bersambung saja tanpa ada spasi sama sekali.

4. Harga Masuk Akal
Tentu saja, harganya harus Anda bandingkan. Harga suku cadang Yamaha yang asli tak bisa bohong. Selalu lebih mahal dibandingkan yang palsu. Bahkan, bisa dua kali lipatnya, lo! Oleh sebab itu, bila Anda menemukan suku cadang yang dibanderol dengan harga murah, maka patut waspada.

Kecuali bila Anda membeli di tempat resmi yang menerapkan promo khusus atau potongan harga. Sebab, harga suku cadang ini memang diterbitkan khusus oleh Yamaha dan kalaupun berbeda, tak akan sangat jauh.

5. Nomor Seri Terdaftar
Selain melihat dari harga, Anda juga bisa memastikan dari nomor seri suku cadang tersebut. Suku cadang yang asli memiliki nomor seri yang terdaftar pada katalog resmi suku cadang Yamaha. Bila Anda tak menemukannya, Anda patut curiga bahwa barang tersebut adalah palsu. 

6. Kemasan yang Tebal dan Berhologram
Selain memperhatikan tulisan yang terletak pada kemasan, baiknya Anda perhatikan juga ketebalan dari pembungkus suku cadang tersebut. Pembungkus yang asli memiliki ketebalan yang cukup dan juga dilengkapi dengan hologram. Meski yang palsu juga sering ditemukan hologram, namun kualitasnya jelas bisa dibedakan.

Hologram pada suku cadang yang palsu biasanya sangat mudah dilepaskan dan berbentuk seperti stiker saja. Sedangkan yang asli, jelas sebaliknya dan kardus kemasannya juga tebal dan halus dengan tulisan yang berwarna terang dan tidak kusam.

Nah, sudah tahu bagaimana cara bedakan antara spare part motor Yamaha yang asli dan palsu, kan? Kalau Anda belum yakin juga, cara paling aman untuk mendapatkan suku cadang yang asli adalah dengan beli di dealer resmi Yamaha saja. Dijamin, Anda akan mendapatkan suku cadang asli yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar