Blog berisikan berita dan informasi menarik tentang bisnis, kesehatan, kuliner, lifestyle, fashion, teknologi, properti, traveling

Jumat, 22 Maret 2019

Cara Menggunakan Thermal Paste dengan Tepat

Thermal paste mempunyai tekstur berbentuk cairan yang kental. Sifat dari thermal ini mirip dengan minyak yang bisa menambah konduktivitas thermal diantara dua buah permukaan dan bisa mengisi celah mikroskopis sehingga nantinya proses dalam menghantarkan panas juga bisa lebih cepat.

Mungkin kebanyakan orang juga masih belum mengerti, thermal paste fungsinya bukan sebagai pendingin namun juga bisa membuat proses menghantarkan panas menjadi lebih cepat dari processor ke heatsink hingga processor menjadi tidak mudah bersuhu panas.

Saat ini produk tersebut sudah banyak tersedia di pasaran dengan  beragam jenis dan range harga. Banyak yang menjual dengan bentuk kemasan yang beragam, seperti botol, sachet, dan suntikan. Untuk harganya sendiri, ada yang dibanderol mulai dari 20 ribu hingga 200 ribu rupiah. Tentunya semakin mahal produk tersebut, maka akan semakin bagus pula kualitasnya.

Mungkin untuk sebagian orang masih belum familiar dengan adanya thermal paste dan juga belum mengetahui cara menggunakannya, berikut terdapat beberapa cara menggunakan produk tersebut dengan baik. Apalagi saat ini sudah banyak informasi secara online  yang berisi cara menggunakan produk ini namun masih keliru. Nah, lalu bagaimana cara untuk memakai dan mengaplikasikan thermal satu ini? Ini dia informasinya :

1.    Membuka heatsink dan juga fan processor dari motherboard

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan thermal ini adalah membuka casing PC lalu lepas kipas dan juga heatsink yang telah menempel pada processor. Sedangkan yang harus Anda hindari yaitu jangan sampai mengangkat processor walaupun berniat untuk membersihkannya dan jangan pula Anda menyentuh pin yang terletak pada bawah processor. 

Jika Anda menyentuhnya maka efeknya akan sangat merugikan untuk komputer yaitu bisa menjadi lelet atau lag, yang paling parah processor bisa saja tidak terbaca motherboard. Itulah mengapa bagian tersebut tidak boleh tersentuh dan harus benar-benar bersih.

2.    Membersihkan sisa thermal yang ada di bagian depan processor

Anda bisa membersihkan sisa dari thermal yang lama yang masih tersisa pada processor. Cara membersihkannya yaitu dengan memakai tisu dan dibasahi dengan konsentrat alcohol. Bersihkan hingga semua sisa-sisa thermal telah hilang tanpa bekas.

3.    Membuka kemasan thermal paste

Apapun bentuk kemasan dari produk thermal Anda, jangan lupa untuk membukanya agar dapat digunakan.

4.    Memakai thermal sedikit saja namun tetap cukup

Mungkin banyak orang yang beranggapan jika memakai thermal, maka harus memakainya dengan banyak agar maksimal. Namun cara yang tepat malah kebalikannya, Anda bisa mengaplikasikan thermal pada bagian tengah processor sedikit saja tetapi jangan terlalu sedikit.

Cara pengaplikasiannya pun juga berbeda, ada yang mengoleskan thermal di semua permukaan processor, ada juga yang mengoleskannya sedikit dengan bentuk huruf X. Sebenarnya jika Anda mengaplikasikan thermal dengan tepat, bisa membuatnya merata secara sendirinya karena adanya tekanan dari heatsink processor.

5.    Memasang kembali kipas dan heatsink

Setelah menyelesaikan semua tahapan dalam mengaplikasikan thermal paste ini, Anda bisa memasang kembali kipas processor dengan benar. Lalu pasang casing PC Anda seperti awal dan pastikan tidak ada yang lupa belum dipasang, misalnya kabel. Jika hal tersebut terjadi, bisa saja komputer menjadi gagal booting karena kabel kurang kencang ketika dipasang. Dengan begitu, proses mengganti dan mengaplikasikannya pun selesai.

Anda bisa melihat hasil dari pengaplikasian thermal ini dengan menyalakan komputer, cek dengan menggunakan aplikasi CPU-core atau CPUID Hwmonitor agar Anda dapat mengetahui kondisi suhu dari komputer sekarang.

Mudah bukan cara mengaplikasikan thermal paste? Jangan sampai Anda menerima informasi yang salah dari internet dan berakibat buruk pada komputer yang Anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar