Blog berisikan berita dan informasi menarik tentang bisnis, kesehatan, kuliner, lifestyle, fashion, teknologi, properti, traveling

Minggu, 10 Maret 2019

Tips Mudah Membuat Flat Design

Flat design merupakan desain yang mengedepankan konsep minimalis. Desain yang dihasilkan tidak berfokus pada warna-warna kompleks, highlight, efek, gradasi, dan faktor lainnya. Desain ini bisa dibilang sangat sederhana namun tidak semudah itu dibuat. Walaupun desain sederhana namun dibutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya.
Desain flat sebenarnya merupakan teknik pembuatan desain yang sudah populer sejak lama. Desain ini mulai digunakan pada era 80-an. Pada saat itu, kita tahu bahwa teknologi belum canggih seperti saat ini sehingga pembuatan desain dilakukan dengan sederhana tanpa menambahkan efek-efek lainnya. Saat ini, desain ini juga masih tetap digunakan karena dinilai simple.

Desain flat tidak memiliki efek tiga dimensi dan tidak memiliki elemen atau efek lainnya. Desain ini sangat sederhana namun justru menjadi tren modern sampai saat ini. Bisa kita lihat bahwa gaya minimalis saat ini sangat digemari dan menjadi tren baru di masyarakat khususnya di dunia desain. Lalu, seperti apa cara membuat desain flat yang baik dan benar?

Membuat Desain Flat

Meskipun disebut sebagai desain yang minimalis dan sederhana, namun proses pembuatan desain flat tidaklah sederhana. Tentu dibutuhkan kreativitas dan effort agar bisa menghasilkan sebuah desain flat yang bermakna. Kali ini kita akan berbagi beberapa tips membuat desain flat secara mudah dan simple.

Berikut adalah beberapa tips membuat flat design yang bisa Anda coba terapkan :

1. Buat Sesimple Mungkin

Buatlah desain yang sesederhana mungkin. Pertahankan desain yang simple dan jangan tergoda untuk menambahkan aksen lainnya. Seringkali kita justru kesulitan untuk membuat sesuatu yang simple karena ingin menambahkan banyak aksen. Jadi, pertahankan desain yang simple itu dan jangan melibatkan efek lainnya.

2. Sempurnakan Setiap Bagian
 
Buatlah setiap bagian dari desain Anda menjadi sempurna. Sempurnakan setiap detailnya walaupun desain Anda sederhana. Meskipun desainnya simple namun tentu akan terlihat menarik jika setiap bagiannya dibuat sempurna. Coba lihat kembali desain yang Anda buat dan lakukan evaluasi mana yang terlihat kurang serta harus diperbaiki.

3. Berikan Warna yang jelas

Berikan warna yang jelas dan tegas pada desain yang Anda buat. Desain yang simple akan terlihat menarik jika menggunakan warna-warna yang tegas. Perpaduan warna yang tegas sangat penting untuk diaplikasikan pada desain flat yang Anda buat. Jika komposisi warna yang digunakan tepat maka desain yang simple sekalipun akan terlihat istimewa.

4. Gunakan Efek Long Shadow

Meskipun desain flat tidak menggunakan efek apapun, namun Anda bisa menambahkan efek long shadow. Tipe efek ini paling sering dan paling cocok digunakan untuk jenis desain flat. Desain Anda yang simple bisa terlihat lebih menarik dengan adanya efek long shadow. Efek ini menambah keistimewaan sebuah desain namun tidak merusak kesederhanaannya.

5. Permainan Font

Gunakan permainan font ketika Anda membuat desain flat. Saat ini ada banyak tipe font menarik yang bisa Anda gunakan. Pilih jenis font yang sesuai dengan konsep desain Anda. Anda bisa mendapatkan aneka jenis font secara gratis maupun menggunakan tipe font yang berbayar. Namun ingat, jaga kesederhanaannya dan jangan menambahkan banyak efek.

Itulah tadi beberapa tips mudah membuat flat design. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk membuat desain flat, maka silakan berkonsultasi dengan desainer freelance yang bisa Anda temukan di Fastwork. Fastwork akan mempertemukan Anda dengan banyak jasa freelancer yang bergerak di bidang desain termasuk mereka yang ahli membuat desain flat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar