Blog berisikan berita dan informasi menarik tentang bisnis, kesehatan, kuliner, lifestyle, fashion, teknologi, properti, traveling

Kamis, 16 Mei 2019

Cara Membedakan Gejala Awal Kehamilan dan Telat Datang Bulan

Ketika melihat kalender menstruasi yang belum datang apa yang Anda pikirkan? Ada kemungkinan hamil atau hanya telat datang bulan biasa? Kebanyakan orang beranggapan bahwa telat haid merupakan indikasi kehamilan. Lantas sebenarnya berapa lama telat haid dinyatakan hamil? Berikut beberapa cara membedakan gejala awal kehamilan dengan telat datang bulan. 


Nyeri Payudara yang Berlangsung Lama, Tanda Awal Kehamilan

Pada umumnya payudara yang nyeri dan membengkak juga merupakan gejala PMS. Keluhan ini biasanya muncul sebelum siklus haid dan akan langsung berhenti di hari pertama haid atau selama periode menstruasi. Namun jika payudara yang nyeri ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama, hal ini merupakan gejala awal kehamilan yang akan terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. 

Kram Perut yang Berlangsung Lama, Tanda akan Menstruasi

Kram perut karena PMS biasanya akan berlangsung selama 24 hingga 48 jam sebelum haid. Ada beberapa wanita yang mengalami kram perut ringan, namun ada juga yang mengalami kram perut yang intens. Pada umumnya kondisi yang satu ini juga akan berangsur membaik selama periode haid. Kram perut gejala PMS ini biasanya disebabkan karena implantansi embrio. 

Jika Tanda PMS, Maka Tidak akan Mengalami Pendarahan

Pendarahan ringan juga merupakan salah satu gejala awal kehamilan. Namun kebanyakan wanita beranggapan bahwa bercak darah ini merupakan pertanda menstruasi. Pada umumnya gejala yang satu ini akan segera terlihat setelah ovulasi yang menjadi pertanda pembuahan yang sukses. Bahkan darah yang keluar hanya 1-2 tetes yang akan berlangsung selama 1-2 hari saja. 

Mual Muntah, Tanda Kehamilan Klasik

Sebenarnya berapa lama telat haid dinyatakan hamil? Jika Anda sudah telat datang bulan selama 5 hari lebih yang disertai dengan mual dan muntah, maka hal ini merupakan gejala awal kehamilan. Pada umumnya gejala ini akan mulai dirasakan setelah 3 minggu pembuahan. Meski begitu terkadang ada beberapa wanita yang tidak mengalami gejala ini sama sekali. 

Sakit Punggung, Tanda PMS

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa banyak ibu hamil yang mengalami sakit punggung selama masa kehamilannya. Namun biasanya rasa sakit ini hanya akan muncul pada trimester ke-2 dan ke-3 saja. Jika Anda mengalami sakit punggung mendekati periode menstruasi, maka hal ini hanya merupakan gejala PMS saja. bukan tanda awal kehamilan. 

Telat Datang Bulan Belum Tentu Pertanda Kehamilan

Telat datang bulan sering kali dipercaya sebagai tanda awal kehamilan. Terlebih lagi jika Anda memiliki siklus haid yang normal dan tak pernah terlambat sebelumnya. Namun jika Anda termasuk orang yang memiliki siklus haid yang tidak teratur, maka kemungkinan besar Anda tidak mengalami kehamilan. Pasalnya telat datang bulan belum tentu merupakan pertanda kehamilan. 

Nah, di atas merupakan beberapa cara mudah membedakan telat datang bulan dan gejala awal kehamilan. Perlu untuk diingat bahwa telat datang bulan bukanlah merupakan indikasi pertama terjadinya kehamilan. Lantas sebenarnya berapa lama telat haid dinyatakan hamil? Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terkait dengan mengunjungi orami.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar